2

2

Minggu, 17 Mei 2015

TAGGED UNDER:

Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan

Lahir dan berkembangnya ilmu pengetahuan telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia, terutama dengan semakin intens-nya ilmu pengetahuan dalam bentuk teknologi yang telah membuat orang lebih mampu memahami berbagai gejala dan mengatur kehidupan secara lebih efektif dan efisien.

Tapi tahukah Anda bahwa ilmu pengetahuan manusia kadang tidak bisa mengungkap sejarah-sejarah ataupun teori-teori di zaman dahulu?
Dibawah ini adalah 10 Misteri yang Belum Terbongkar Ilmu Pengetahuan

10. Pergerakan Lempeng Bumi

Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Teori Continental Drift (Pergerakan Lempeng Bumi) pertama kali diusulkan pada tahun 1500 dan dinyatakan bahwa benua terlihat bergerak menuju satu sama lain di seberang lautan. Kemudian teori ini disempurnakan menjadi teori Lempeng Tektonik yang menyatakan bahwa ada lempeng tektonik di dasar laut yang memisahkan benua yang perlahan bergerak dan menciptakan samudera selama jutaan tahun. Namun, reaksi apakah yang menyebabkan lempeng tektonik? Terdapat seorang ahli geologi yang menyatakan bahwa benua mungkin benar-benar telah dipisahkan jauh lebih cepat daripada jutaan tahun, dengan peristiwa bencana seperti banjir. Para ilmuwan menyatakan bahwa jika teori lempeng tektonik dapat diselesaikan, jika tersebut benar-benar dapat terpecahkan, maka kita akan dapat menghitung secara matematis seberapa lama lagi kita dapat tinggal di bumi tercinta ini.

9. Punahnya Mega Fauna
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Ada banyak hewan di megafauna pada zaman dahulu yang telah dibuktikan dengan ditemukannya fosil dari kalsium yang telah hilang ditelan bumi. Mengapa mereka punah? Dua alasan utama telah diungkapkan oleh para ilmuwan yang disinyalir sebagai penyebabnya, yaitu perburuan yang dilakukan oleh manusia dan dikarenakan terjadinya perubahan iklim yang sangat ekstrim, tidak ada cukup bukti untuk penjelasan lain. Penjelasan tentang adanya perburuan yang dilakukan oleh manusia, banyak ilmuwan mengatakan bahwa bahkan jika itu benar, meskipun bukti arkeologis yang ada sangat sedikit untuk itu. Misteri tetap belum terpecahkan, dan mungkin tidak akan pernah meyakinkan untuk dipahami. Oleh karena itu, muncullah konspirasi aneh yang diungkapkan oleh para ilmuwan non-ahli seperti komet yang menghancurkan semua megafauna, atau alien untuk menyelamatkan ekologi tempat ini ketempat dimana seharusnya.

8. Mpemba Effect
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Apakah kalian semua tahu bahwa air mendidih membeku lebih cepat daripada air dingin? Fenomena ini telah ada sejak zaman Yunani kuno, meskipun tampaknya bertentangan dengan Hukum Termodinamika. Pada tahun 1969, seorang ilmuwan bernama Mpemba melakukan percobaan yang membuktikan bahwa efek ini adalah nyata. Banyak teori telah diajukan sebagai alasan untuk fenomena ini, tetapi tidak ada satu pun yang disepakati oleh para ilmuwan. Mungkin suatu hari nanti ilmuwan akan tahu alasan mengapa hal ini terjadi setelah belajar lebih banyak.

7. Kecepatan Cahaya
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Saat ini, studi tentang kecepatan cahaya belum terbukti sepenuhnya, karena bukti ini sebenarnya mungkin tidak akurat. Para ilmuwan telah mengamati bahwa jika teori Big Bang itu benar, alam semesta berkembang dengan cara yang lebih cepat dari kecepatan cahaya ketika kosmos berada di tahap awal. Beberapa ilmuwan melakukan percobaan serius bahkan telah berhasil mengetahui seberapa besar kecepatan cahaya dalam satuan waktu (jika kalian mengetik 'speed of light' di mesin pencari google, maka akan muncul angka: 299 792 458 m/s). Walapupun demikian, tidak ada teknologi yang bisa membuat benda padat bergerak setara dengan kecepatan cahaya, jika misteri ini terpecahkan, maka mungkin orang akan dapat menjelajahi alam semesta.

6. Kematian
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Orang-orang telah melaporkan pengalaman aneh ketika mereka dekat dengan kematian, dan kadang-kadang pada waktu lain juga, di mana mereka merasa bahwa alam bawah sadar telah meninggalkan tubuh mereka, meskipun tubuh mereka masih hidup. Satu kelompok peneliti berusaha untuk menguji kebenaran mengenai hal tersebut. Percobaan yang mereka lakukan, membuat mereka percaya bahwa kemampuan orang untuk yang mengalami hal-hal di dalam tubuh sangat tergantung pada di mana mereka percaya tubuh mereka secara visual. Peneliti lain telah berusaha untuk memahami pengalaman mendekati kematian, mereka belajar di rumah sakit selama beberapa tahun menggunakan berbagai kontrol. Mereka percaya percobaan akan dapat membuktikan apakah orang mengalami ilusi, atau apakah kesadaran mereka benar-benar meninggalkan tubuh. Sementara semua ini belum terbukti secara pasti. Jika teori kematian ini diselesaikan, mungkin dapat mengguncang iman kita kepada Tuhan.

5. Burung Jatuh dari Langit
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Di Arkansas - Amerika Serikat di pada tahun lalu (2012), sekelompok burung hitam jatuh dari langit. Saat itu kembang api-lah yang disalahkan karena penggunaannya, meskipun teori ini tidak diuji dengan sangat baik oleh para ilmuwan, kemudian hal itu terjadi lagi tidak lama setelah itu, dan kali ini para ilmuwan tidak yakin dengan alasan menyalahkan penggunaan kembang api lagi. Kejadian terjadi bahkan lebih aneh lagi, dinegara yang sama, sekitar waktu yang sama, ribuan ikan mati secara misterius. Meskipun berbagai penjelasan telah diberikan, sulit untuk menjelaskan mengapa ribuan burung jatuh dari langit, dan ribuan ikan mati mendadak di daerah yang sama sekitar waktu yang sama. Itu hanya bisa menjadi kebetulan, tapi pasti terdapat suatu keanehan didalamnya.

4. Nyanyian Ruang Angkasa
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Sementara para ilmuwan mencoba untuk mempelajari bintang-bintang awal, pada tahun 2006 mereka dihadapkan oleh suara misterius yang sangat menghambat penelitian tersebut. Para ilmuwan dibuat kebingungan oleh apa yang menyebabkan ini. Karena suara tidak dapat melakukan perjalanan melalui ruang, mereka percaya bahwa suara tersebut berasal dari gelombang radio, tetapi mereka bertanya-tanya darimana gelombang radio tersebut berasal. Akhirnya para ilmuwan berhasil menemukan bahwa ada gelombang radio disaat perjalanan yang merekan lakukan, namun akhirnya muncul pertanyaan, "Suara apakah itu??".

3. Ilusi Bulan
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Ilusi bulan telah ada sejak zaman Yunani Kuno. Ilusi bulan adalah ilusi yang mengungkapkan bulan muncul jauh lebih besar dan lebih rendah dari langit. Di masa lalu, orang telah membuat teori seperti efek atmosfer, atau sesuatu yang bersifat fisik, tapi semua teori-teori ini telah terbantahkan. Ada juga teori yang menghubungkan ilusi ini dengan ukuran relatif (jarak nyata sebagai penjelasan untuk ilusi ini), tetapi hal itu masih membingungkan para ilmuwan. Sejauh ini tidak ada yang bahkan dengan ilmu pengetahuan modern, mampu menjelaskan fenomena misterius ini.

2. Cahaya, Apakah Gelombang ataukah Partikel?
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Banyak orang bertanya untuk waktu yang lama, apakah cahaya adalah gelombang atau partikel. Namun, setelah para ilmuwan mempelajari banyak hal, tampaknya kesimpulan dari pertanyaan ini jauh lebih kompleks. Para ilmuwan melakukan penelitian yang tampaknya menunjukkan bahwa foton (radiasi elektromagnetik) dapat bertindak sebagai gelombang dan partikel pada saat yang sama, karena pertama, cahaya memiliki kecepatan, dan kedua, cahaya memiliki volume. Namun, mereka juga menemukan penelitian yang menunjukkan bahwa foton akan memilih untuk menjadi gelombang atau partikel hanya bila dipaksa untuk membuat keputusan dalam kondisi yang terkendali. Sejauh ini para ilmuwan tidak memiliki penjelasan yang tepat untuk teori ini, dan mereka masih berusaha untuk memahaminya. Beberapa bahkan menyebutnya "Sebuah Misteri Kebenaran Quantum Mekanik".

1. Asal Mula Kehidupan
Sebagian Misteri Ilmu Pengetahuan Yang Belum Terpecahkan
Asal usul kehidupan dan penciptaan alam semesta telah menjadi subyek perdebatan yang luar biasa dan juga telah menjadi sebuah penelitian ilmiah. Beberapa ilmuwan menjelaskan penciptaan alam semesta dengan model Big Bang, yang sebagian besar telah kita pelajari di sekolah. Banyak penelitian juga telah dilakukan pada subjek Abiogenesis. Meskipun ada banyak studi ilmiah tentang asal-usul kehidupan, muncul keyakinan dalam teori penciptaan yang mengatakan bahwa bahkan jika Big Bang telah terbukti, itu tidak berarti bahwa Tuhan tidak ikut terlibat didalamnya. Kepercayaan teori penciptaan menyatakan bahwa Tuhan dapat menciptakan alam semesta dan mengatur pergerakannya dengan cara yang dapat diamati oleh ilmu pengetahuan. Akhirnya kita tidak bisa melakukan apa-apa, alam semesta ini sangat besar dan luas, dan asal usul kehidupan tidak pernah dapat sepenuhnya dipahami.

Banyak misteri tentang alam semesta. Mungkin, di beberapa titik, kita nanti akan mengetahui apa yang tidak kita kenal selama ini. Tapi meskipun demikian, kita berharap pemecahan beberapa misteri tersebut tidak mengguncang iman kita kepada Tuhan.

Semoga ilmu diatas dapat memberi wawasan kepada kita semua.
Terima kasih.

Sebuah WebBlog yang digunakan untuk menampung segala macam bentuk artikel yang dapat dibaca dengan santai.
Follow me @satriamandala
Subscribe to this Blog via Email :

0 komentar:

Pengikut

© 2014 Aneh Di Dunia. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top